Komputer
merupakan salah satu teknologi pengajaran terpenting yang digunakan dalam
pendidikan. Komputer memiliki berbagai peran penting yang dimainkan dalam
kurikulum, mulai dari perangkat tutorial hingga belajar siswa. Guru bisa
menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk mengumpulkan informasi tentang
kinerja siswa dan mengelola aktivitas ruang kelas. Untuk membuat pilihan yang
tersampaikan, anda harus terbiasa dengan berbagai aplikasi komputr- permainan,
simulasi, tutorial, program penyelesaian masalah, dan perkakas produktivitas
dan grafis.
Media
Pembelajaran Berbasis Komputer
Informasi
dan komunikasi berpengaruh terhadap perkembangan media pembelajaran, dengan
dikembangkannya media pembelajaran yang berbasis komputer. Media komputer
merupakan media yang menarik, atraktif, dan interaktif . Pembelajar melalui
media komputer memberikan bekal kepada pembelajar berbagai karakter yang
menjadi kekuatan dan kelemahan bagi media. Bagaimana suatu media itu bekerja
mengemas informasi, apa makna informasi yang dapat diinterprestasi dari program
atau kemasannya, sampai pada bagaimana orang yang mendapat pendidikan media itu
berpeluang dapat memanfaatkan kelebihan media tersebut untuk mengemas pesan dan
menyampaikan informasi. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar isi
pesan dalam suatu program komputer dapat dipahami pembelajar, antar lain
memberikan informasi tentang ide yang ada dibalik pragram atau menciptakan
situasi diskusi menyangkut pengalaman setiap pembelajar yang diterima dari
program komputer.
Dalam
upaya mengemas pembelajar melalui media komputer perlu memperhatikan
karakteristik pembelajar, lingkungan dan budaya setempat. Komputer akan
bermanfaat jika berperan sebagai bagian dari sistem pembelajaran. Jika komputer
hanya sebagai alat-alat saja meskipun canggih, namun tidak ada kontribusinya
dalam pembelajaran, maka komputer tersebut tidak bermanfaat bagi proses
pembelajaran. Komputer merupakan alat atau sarana yang membantu pengajar dalam
proses pembelajaran, sehingga bukan diarahkan untuk menggeser perannya sebagai
pengajar. Betapapun canggihnya komputer, tidak akan dapat
mengalihkan fungsi pengajar, karena pengajar merupakan faktor penting dalam
proses pembelajaran.
Pemanfaatan
komputer sebagai media pembelajaran sangat tepat untuk belajar mandiri dalam
pendidikan jarak jauh. Pembelajar dapat belajar didalam lingkungan keluarga,
karena komputer pada masa sekarang ini sudah menjadi bagian kebutuhan dari
suatu keluarga. Keluarga dapat mendampingi dan membimbing pembelajar secara
mandiri menggunakan komputer.
Komputer
Sebagai Media Pembelajar.
Teknologi
komputer merupakan kemajuan teknologi yang bertarap canggih, bahkan menjadi
suatu karakteristik yang tidak bisa diabaikan dalam keseluruhan hidup
modernisasi dan akselerasi saat ini dan masa depan. Penggunaan komoputer
sebagai alat bantu dalam memproseskan dan pembuatan keputusan manajerial bukan
lagi sebagai keharusan mendesak melaikan juga menjadi kebutuhan mutlak bagi
semua orang.
Komputer
merupakan media yang dapat membantu pembelajar belajar secar individual.
Bentuk-bentuk pembelajaran dengan sistem pembelajaran individual seperti
pembelajaran modul atau pun pembelajaran dengan bantuan komputer.
Perkembangan
TIK
Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menjadi trend global dewasa ini
misalnya, telah merambah seluruh aspek kehidupan termasuk didalamnya dunia
pendidikan, baik sebagai media maupun sumber belajar. Teknologi ini memberikan
alternatif-alternatif baru dalam pembelajaran baik sebagai media maupun sebagai
pusat sumber belajar. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
( TIK ).
Teknologi
Informasi dan Komunikasi juga dapat mempermudah guru dalam kegiatan
administratif, evaluasi maupun publikasi, apalagi dengan mulai dilengkapinya
sarana dan prasarana seperti komputer dan jaringan internet di sekolah-sekolah
maka Teknologi Informasi dan komunikasi merupakan salah satu teknologi yang
harus dapat diadaptasi dan diadopsi oleh seorang guru berkaitan dengan tugasnya
agar dapat menjalankan proses pembelajaran yan profesional, yaitu menjalankan
proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.
Adaptasi
dan adopsi teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan oleh guru
dalam melaksanakan proses pembelajaran tentu tidaklah semudah membalikkan
telapak tangan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain ;
hardware, software dan brainware. Dari beberapa faktor
yang mempengaruhi tersebut yang paling menentukan adalah faktorbrainware yaitu
sumber daya manusia sebagai perancang, pengembang dan pengguna dari teknologi
itu sendiri, apakah memiliki kompetensi yang memadahi dan memiliki sikap yang
positif terhadap perkembangan teknologi yang ada, jika tidak maka kemajuan
teknologi tidak akan memberikan manfaat yang luas baginya.
Adalah
sangat penting untuk mengembangkan kemampuan kritis dalam menilai peranti lunak
pengajaran karena terdapat banyak program yang tersedia. Peranti keraspun
menjadi lebih mudah ditangani ketika anda mengerti teknologi dasar. Apakah anda
mengajar dengan satu komputer di dalam ruang kelas atau dalam ruangan dengan
banyak komputer, anda bisa memanfaatkan komputer secara optimal untuk mendukung
pembelajaran siswa.
Komputer
sejauh ini merupakan perangkat teknologi pengajaran paling umum dan paling
penting yang digunakan dalam pendidikan. Para siswa bisa menggunakan komputer
untuk pengalaman belajar yang aktif dan langsung dirasakan. Guru bisa
menggunakan komputer untuk membantu mengumpulkan informasi mengenai
kemajuan siswa diruang kelas dan untuk menyiapkan material pengajaran. Entah
itu anda memiliki satu atau beberapa komputer diruang kelas anda, anda bisa
secara efektif memadukannya kedalam pembelajaran siswa. Banyak sekolah memiliki
lab komputer tetapi kecenderuangannya adalah menjadikan kereta
laptop tersedia sehingga ruang kelas apa pun dapat diubah menjadi seperti
sebuah lab. Teknologi seperti perangkat genggam juga berhasil digunakan oleh
para siswa sebagai perangkat instruksional.